Ilmu Pengetahuan Umum

Apa Arti Tut Wuri Handayani?

Apa Arti Tut Wuri Handayani

Kidnesia.com - Teman-teman pasti sering melihat tulisan tut wuri handayani. Tulisan ini ada di topi sekolah yang sering kita kenakan. Tut wuri handayani juga menjadi bagian dari lambang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Apakah kamu tahu artinya?

Tut wuri handayani adalah salah satu semboyan yang digunakan Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara memiliki 3 semboyan yang saling terkait, yaitu ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Semboyannya ini dituliskan dalam bahasa Jawa. Ki Hajar Dewantara dilahirkan sebagai bangsawan Jawa dengan nama Raden Mas Suwardi Suryaningrat.

Ing ngarsa sung tulada artinya ketika berada di depan seorang guru harus bisa memberi teladan dan contoh tindakan yang baik. Ing madya mangun karsa artinya ketika berada di tengah murid-muridnya seorang guru harus dapat menciptakan ide dan membangun semangat. Tut wuri handayani artinya, ketika berada di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Teks: Sylvana. Sumber: kemdikbud.go.id.

Author

kidnesia

Tags

Related Article