Ilmu Pengetahuan Umum

Busselton Jetty, Dermaga Kayu Super Panjang

Busselton Jetty Dermaga Kayu Super Panjang

Kidnesia.com - Dermaga kayu yang ada di Busselton, Australia ini panjaaang sekali, panjangnya lebih dari 1, 8 kilometer!

Dermaga yang membentang di tepi Teluk Geographe itu bernama Busselton Jetty. Karena panjangnya, Busselton Jetty menjadi dermaga kayu terpanjang di belahan bumi selatan.

Awalnya, Busselton Jetty dibangun pada tahun 1853. Waktu itu bagian pertamanya dibuat sepanjang 176 meter dan selesai dibangun pada tahun 1865. Lalu, Busselton Jetty terus mengalami pemanjangan hingga akhirnya mencapai 1.841 meter atau sekitar 1,8 kilometer pada tahun 1960 sampai sekarang.

Kenapa dermaga kayu ini terus dibangun sampai super panjang, ya? Ooo... Ternyata, salah satu alasannya adalah dangkalnya Teluk Geographe yang menyulitkan kapal-kapal barang untuk bersandar.

Walaupun sekarang sudah jarang ada kapal yang bersandar, dermaga ini malah jadi obyek wisata yang menarik di Australia Barat. Banyak hal yang dapat dilakukan di sekitar Busselton Jetty, seperti piknik di tepi pantai, bermain pasir pantai, berenang, memancing, berjalan menyusuri dermaga, atau mengunjungi Underwater Observatory dan Interpretive Centre.

Underwater Observatory itu letaknya di ujung dermaga. Di sana kita dapat mengamati kehidupan bawah laut melalui viewing window sedalam 8 meter. Lalu, kita bisa cari tahu informasi tentang sejarah Busselton Jetty di Interpretive Centre. 

O ya, kalau kamu takut kelelahan berjalan di dermaga super panjang ini, kamu bisa menaiki Jetty Train yang dapat mengangkut penumpang hingga Underwater Observatory di ujung dermaga.

Seru, ya? Jadi nggak sabar ingin selfie di Busselton Jetty!

busselton jetty

 

busselton 2

 

Busselton Jetty 3

 

Sumber: Kompas.com/Arya Daru Pangayunan, Foto: Arya Daru Pangayunan

Author

kidnesia

Tags

Related Article