Ilmu Pengetahuan Umum

Gempa Dahsyat di Dunia

Gempa Dahsyat di Dunia

Kidnesia.com - Gempa yang terjadi mengingatkan kita pada gempa-gempa bumi serupa yang pernah terjadi sebelumnya. Ini adalah enam gempa dahsyat di dunia yang pernah terjadi.

Gempa Bumi di Nepal

Gempa hebat dengan kekuatan 7,9 skala Richter terjadi di Nepal pada Sabtu, 25 April 2015 yang lalu. Gempa itu menghancurkan banyak bangunan dan menewaskan ribuan orang. Dampaknya juga terasa di India, Tibet dan Tiongkok

Gempa Bumi Jepang

Negara Jepang memang rawan terkena gempa, tapi gempa yang terjadi 11 Maret 2011 ini berbeda dari biasanya. Gempa ini adalah gempa terkuat yang melanda Jepang. Kekuatannya mencapai 9, 0 skala richter dan membuat hampir 16.000 orang meninggal dunia, sementara lebih dari 2.500 orang dinyatakan hilang. Gempa ini telah mengakibatkan tsunami setinggi 4 meter dan berpotensi tsunami sampai 10 meter.

Gempa  Bumi Chili

Gempa yang terjadi tanggal 27 Februai 2010 ini berkekuatan 8, 8 skala richter di Chili dan sekitarnya. Gempa ini juga disusul tsunami dan membuat lebih dari 800 orang meninggal dunia.

Gempa Bumi Alaska

Gempa berkekuatan 8, 7 skala richter ini melanda Rat Islands, Alaska pada tanggal 4 Februari 1965. Dua bulan setelahnya, gempa susulan datang dengan kekuatan yang lebih kecil dan menimbulkan tsunami kecil.

Gempa Bumi Rusia

Tanggal 11 April 1952 lalu, gempa berkekuatan 9 skala richter melanda Kamchatka, Rusia. Gempa ini terjadi pukul 01.40 dan memicu tsunami setinggi 9 meter yang meluas sampai Hawaii.

Teks: Iveta, Foto: msnbcmedia.msn.com

 

Author

kidnesia

Tags

Related Article