Ilmu Pengetahuan Umum

Lemur Bermata Biru Terancam Punah

Lemur Bermata Biru Terancam Punah

Kidnesia.com -  Lemur hitam bermata biru ini adalah hewan yang hanya ada di Pulau Madagaskar. Hewan unik yang bernama latin Eulemur flavifrons ini sudah terancam punah.

Simulasi Komputer

Berdasarkan simulasi komputer yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas KwaZulu-Natal di Afrika Selatan, lemur bermata biru ini akan punah di abad ini. Tim peneliti dari Universitas KwaZulu-Natal membuat 6 skenario untuk memperkirakan punahnya lemur berwajah lucu ini.

Masing-masing skenario dijalankan 100 kali. Semua percobaan itu menunjukkan kalau lemur bermata biru ini akan punah kalau lingkungan hidupnya tidak diperbaiki. Ada skenario yang menunjukkan lemur punah 44 tahun lagi. Ada juga yang menunjukkan kepunahan 11 tahun lagi. 

Langka dan Terancam Punah

Kepunahan lemur bermata biru dapat diperkirakan karena berkurangnya hutan yang menjadi tempat tinggal lemur. Buah-buahan, nektar dan pollen yang menjadi makanan lemur makin susah ditemukan. Lemur-lemur langka ini juga semakin susah berkembang biak, padahal saat ini jumlahnya tidak lebih dari 1000 ekor di alam liar.

Lemur yang kesulitan mencari makanan akan mendatangi lahan-lahan pertanian. Para petani tentu menganggapnya sebagai hama yang mengganggu. Tak jarang, lemur-lemur ini terjebak dalam perangkap yang dibuat oleh petani. Wah, bisa-bisa saat kita dewasa nanti, lemur sudah tidak ada lagi karena sudah punah.

Teks: Sylvana. Sumber: iflscience.com. Sumber foto: Tambako The Jaguar

 

 

Author

Sylvana Toemon

Kak Ana suka membaca, membuat sesuatu untuk dibaca, jalan-jalan, dan jualan-jualan. Pengagum dedaunan dan seni bangunan ini bercita-cita ingin keliling dunia. Suara altonya menjadi bagian dari paduan suara yang selalu riang gembira.

Tags

Related Article