Ilmu Pengetahuan Umum

Rectoverso, Pengaman Pada Uang Kertas

Rectoverso pada uang Rupiah kertas | Bank Indonesia

Kidnesia.com  – Pada setiap lembar uang kertas rupiah, ada gambar yang kesannya tak beraturan. Letaknya ada di bawah tulisan nilai nominal uang. Gambar itu adalah rectoverso.

Rectoverso adalah sebuah teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat gambar saling isi. Sebuah gambar pada posisi yang sama ada yang tercetak di bagian depan, ada yang tercetak di bagian belakang. Apabila dilihat dari satu sisi saja, gambar ini terlihat tak beraturan. Bentuk aslinya baru terlihat saat diterawang. Pada uang rupiah kertas, gambar itu akan membentuk logo BI, singkatan dari Bank Indonesia.

Selain Rupiah, beberapa mata uang lain juga menggunakan rectoverso. Rectoverso pada mata uang Euro membentuk nilai nominal uang tersebut. Rectoverso pada mata uang Ringgit berbentuk bunga.

Rectoverso adalah salah satu pengaman pada uang kertas. Adanya rectoverso membuat uang kertas tidak mudah dipalsukan. Rectoverso juga menjadi salah satu ciri khas untuk mengetahui uang asli. Selain itu, uang asli dapat diketahui dari bahan yang digunakan, desain, warna, benang pengaman, dan tanda khusus untuk tunanetra.

Apabila kamu memiliki uang kertas, coba terawang lembaran uangmu di tempat bercahaya terang. Apakah kamu dapat melihat logo BI?

Author

Sylvana Toemon

Kak Ana suka membaca, membuat sesuatu untuk dibaca, jalan-jalan, dan jualan-jualan. Pengagum dedaunan dan seni bangunan ini bercita-cita ingin keliling dunia. Suara altonya menjadi bagian dari paduan suara yang selalu riang gembira.

Tags

Related Article