Ilmu Pengetahuan Umum

Zat Gizi dalam Tubuh

Zat Gizi dalam Tubuh

Kidnesia.com - Teman-teman, tubuh kita itu membutuhkan jumlah gizi yang cukup, lo. Dari mana jumlah gizi itu didapatkan, ya? Gizi yang diperlukan oleh tubuh, terdapat pada makanan. Nah, karena itu kita harus makan makanan bergizi setiap hari, supaya tubuh dapat tumbuh dan tidak lemas saat beraktivitas.

Jenis zat gizi itu antara lain :

Karbohidrat. Zat gizi ini merupakan sumber energi tubuh kita. Terdapat dalam nasi, roti, dan kentang.

Protein. Kalau zat gizi yang ini membantu pertumbuhan tubuh, membuat otot kuat dan memperbaiki sel yang rusak dalam tubuh kita. Zat gizi ini terdapat pada susu, ikan, daging, telur, tahu, dan tempe.

Lemak. Zat gizi ini merupakan sumber energi cadangan dan bisa melarutkan sebagian vitamin. Zat  gizi terdapat pada keju, minyak, dan mentega.

Mineral. Zat gizi ini membantu proses membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Ada pada sayur dan buah-buahan. Mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium dan besi terdapat pada susu.

Vitamin. Kalau zat gizi yang ini terdiri dari bermacam-macam vitamin. Ada Vitamin A,B,C,D,E,K. Gunanya untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Terdapat dalam sayur dan buah-buahan.

Yuk, mulai sekarang lengkapi piring makanmu dengan makanan yang mengandung berbagai zat gizi, ya!

Teks : (Marisa*) Ilustrasi : ode*

Author

kidnesia

Tags

Related Article