Sains Teknologi

Apa Berat Bumi Bisa Berkurang?

Apa Berat Bumi Bisa Berkurang

Kidnesia.com - Bumi menghasilkan banyak bahan tambang yang bermanfaat untuk kita, seperti minyak bumi dan batu bara. Bahan tambang ini banyak digali dan diambil, lalu hasil dari minyak bumi dan batu bara pun dibakar habis. Jika isi bumi terus diambil seperti itu, apa berat bumi bisa berkurang, ya?

Ternyata,  ketika bahan-bahan tambang seperti minyak dan batu bara dibakar, mereka akan menghasilkan gas-gas yang cukup berat, seperti uap air dan karbondioksida. Gas-gas ini tidak hilang begitu saja di luar angkasa, tapi masih tertahan oleh gravitasi bumi.

Gas-gas ini lalu didaur ulang atau dimanfaatkan oleh pernapasan tumbuhan, hujan, dan sebagainya. Nah, proses daur ulang ini jadi mempertahankan berat bumi.

Selain gas-gas berat seperti uap air dan karbondioksida itu, tentu ada gas-gas lain yang lebih ringan akan terlempar ke luar angkasa. Tapi, bumi juga dimasuki debu-debu luar angkasa setiap harinya. Dengan begitu, total berat bumi tidak banyak berubah.

Jika tidak ada proses daur ulang pun, kehilangan material akibat penggalian tambang tidak akan berpengaruh banyak terhadap berat bumi. Jadi, meski terus digali dan diambil isinya untuk keperluan tambang, berat bumi tidak mengalami penurunan yang berarti.

Sumber: intisari-online.com, foto: shotofjamison.com

Teks: Iveta R.

Author

kidnesia

Tags

Related Article