Sains Teknologi

Belut Bercahaya, Apa Penyebabnya?

Belut Bercahaya Apa Penyebabnya

Kidnesia.com - Di kedalaman lautan yang gelap, para peneliti yang sedang menyelam terpana melihat makhluk kecil yang bersinar hijau terang. Wah, belut bercahaya!

Para peneliti itu lalu meneliti si belut bercahaya. Awalnya, mereka tidak tahu apa penyebab belut itu bisa mengeluarkan cahaya hijau yang terang. Namun, kini, mereka sudah menemukan penyebabnya.

belut bercahaya 2

Belut bercahaya, penyebabnya adalah protein pada otot dan kulitnya.

Belut itu bisa bercahaya karena ada protein tertentu pada otot-otot dan kulitnya. Menurut para peneliti, protein itu berhubungan dengan protein yang ada di otak hewan vertebrata pada sekitar 300 juta tahun yang lalu. Vertebrata artinya hewan bertulang, misalnya ikan.

Protein yang ditemukan para peneliti, ternyata, jenis protein baru. Protein itu berbeda dari protein-protein pada hewan-hewan lain yang juga bercahaya. Protein itu membutuhkan bilirubin untuk bisa bercahaya. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel-sel darah merah.

Belut bercahaya yang diteliti ini adalah belut Kaupichthys hyoproroides. Ditemukan di Kepulauan Bahama. Belut kecil ini panjangnya sekitar 250 mm.

Para peneliti menduga, belut bercahaya di kegelapan untuk kebutuhan mencari pasangan, menghindari pemangsa, menarik perhatian mangsa, dan mungkin juga untuk berkomunikasi.

Kata para peneliti, sekelompok belut bercahaya berkumpul pada musim kawin ketika bulan purnama, dapat ditemukan di Indonesia. Hmm, kamu tahu enggak, itu terjadi di daerah mana?

Sumber data : livescience.com
Foto : Copyright John Sparks, Vincent Pieribone, David Gruber/livescience.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article