Sains Teknologi

Bio-Bus, Berbahan Bakar Limbah Manusia

Bio Bus Berbahan Bakar Limbah Manusia

Kidnesia.com - Limbah manusia ternyata bisa digunakan sebagai bahan bakar. Buktinya, lihat saja bis berbahan bakar limbah manusia di Inggris!

Bio-Bus 2

Bio-Bus berbahan bakar limbah manusia dan limbah makanan.

Pada 20 November 2014, bis berbahan bakar limbah manusia mulai dijalankan di Inggris. Bis itu adalah bis berbahan limbah pertama di Inggris. Bis itu dinamai Bio-Bus. Bahan bakarnya adalah gas biometanol yang berasal dari tempat pengolahan limbah manusia dan limbah makanan milik perusahaan GENeco.

Apa bedanya bahan bakar dari limbah ini dengan bahan bakar dari minyak? Emisi atau sisa hasil pembakaran gas biometanol lebih sedikit daripada diesel atau solar. Jadi, lebih ramah lingkungan.

Dengan tangki bahan bakar yang penuh, Bio-Bus dapat berjalan sejauh 300 km. Nah, untuk 1 tangki bahan bakar yang penuh itu diperkirakan berasal dari limbah 5 orang selama setahun. Waaa!

Bio-Bus dijalankan oleh perusahaan Bath Bus Company di kota Bath. Bis itu dapat membawa 40 orang penumpang dari kota Bath ke Bandara Bristol, Inggris. Diperkirakan dalam sebulan, bisa sampai 10.000 penumpang yang naik bis itu.

Wah, ternyata, limbah manusia dan limbah makanan dapat diolah untuk menghasilkan gas biometanol yang bermanfaat. Eh, tahu enggak, berton-ton limbah manusia dan makanan juga bisa dipakai untuk sumber energi 8.300 rumah di kota Bristol, Inggris, lo!

Sumber data : bathbuscompany.com, theguardian.com
Foto : bathbuscompany.com, theguardian.com 

Author

kidnesia

Tags

Related Article