Sains Teknologi

Dearcmhara Shawcrossi, Reptil Laut Purba dari Skotlandia

Dearcmhara Shawcrossi Reptil Laut Purba dari Skotlandia

Kidnesia.com - Belum lama ini, para ilmuwan berhasil mengidentifikasi fosil reptil laut baru yang ditemukan di Pulau Skye, Skotlandia. Reptil laut yang hidup di masa dinosaurus itu diberi nama Dearcmhara Shawcrossi.

Dearcmhara diperkirakan hidup sekitar 170 juta tahun yang lalu. Reptil dengan panjang 4,2 meter atau sebesar perahu motor ini diperkirakan memburu ikan dan reptil laut dangkal Skotlandia semasa hidupnya.

Fosil reptil laut ini pertama kali ditemukan tahun 1959 oleh seorang kolektor fosil amatir bernama Brian Shawcross yang menyumbangkannya ke museum.

Kata "Dearcmhara" ini diambil dari bahasa Gaelic yang berarti kadal laut. Sementara kata "Shawcrossi" diambil dari orang yang menemukan fosil ini pertama kali, Brian Shawcross. Spesies ini adalah salah satu dari sedikitnya spesies yang dinamakan dalam bahasa Gaelic.

Dearcmhara merupakan reptil laut yang masuk sebagai kelompok Ichthyosaurus. Ichthyosaurus adalah reptil predator yang menguasai lautan selama masa dinosaurus, sebelum hiu dan paus besar muncul.

Tim ahli paleontologi mempelajari fosil tengkorak, gigi, tulang punggung, dan tulang lengan atas reptil Dearcmhara ini selama 50 tahun terakhir.

Selama berjalannya kehidupan dinosaurus, sebagian besar Pulau Skye terletak di bawah laut. Oleh karena itu, di kawasan ini banyak ditemukan fosil-fosil dari pertengahan zaman dinosaurus yang berlangsung sekitar 176 juta sampai 161 juta tahun yang lalu.

Teks: Iveta, foto: University of Edinburgh/Todd Marshall

Author

kidnesia

Tags

Related Article