Sains Teknologi

Kereta Api Bawah Laut

Kereta Api Bawah Laut

Kidnesia.com - Bukan sulap bukan sihir! Ada kereta yang melintas di bawah lautan. Wah seperti apa, ya, bentuk bentuk kereta bawah laut?

Ini bukan mimpi atau khayalan belaka saja, lo. Kereta api ini berjalan di dalam lautan. Makanya disebut sebagai kereta bawah laut. Wow! Nama kereta ini adalah Marmaray. Kata 'Marmara' mewakili Laut Marmara, sedangkan kata 'Ray' artinya kereta. Jadi, Marmaray adalah kereta yang melintasi lautan Marmara. Kereta Marmaray melintas di bawah laut melalui sebuah terowongan.

Marmaraytunnel

Terowongan Kereta Marmaray

Dan pada bulan Oktober 2013, terowongan ini mulai beroperasi. Terowongan ini membentang melalui selat Bosphorus. Selat ini adalah selat yang memisahkan Turki bagian Asia dengan Turki Bagian Eropa. Selat ini juga menghubungkan Laut Marmara (Asia) dengan Laut Hitam (Eropa). Panjang terowongan ini mencapai 13,6 km dengan kedalaman sekitar 55 m. Kereta Marmaray dimulai dari stasiun Ayr?l?kçesmesi (Asia) menuju stasiun Kazl?çesme (Eropa).

Rute Kereta

Rute Kereta Marmaray

Sebenarnya, menciptakan kereta bawah laut ini merupakan cita-cita terpendam pemerintahan Turki. Sejak 150 tahun lalu, pada masa kepemimpinan Sultan Abdul Majid I (1830-1861), sudah memiliki keinginan mengabungkan Turki bagian Asia dengan bagian Eropa. Sayangnya, mimpinya itu terhalang oleh teknologi. Tapi pada akhirnya, kereta  bawah laut ini sudah terealisasi. Proyek pembangunan kereta bawah laut ini menghabiskan dana hingga  US$ 4.5 miliyar dan membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun. Wow!

Kereta Marmaray ini diharapkan bisa menjadi solusi kepadatan lalu lintas di Istambul, Turki. O ya, kereta Marmaray adalah kereta bawah laut pertama di dunia, lo. Mm....siapa yang ingin coba naik?

(Marisa*) Sumber Foto : creativecommons.org , Sumber Video : EuroNews (english)

Author

kidnesia

Tags

Related Article