Sains Teknologi

Keriput Kulit Gajah

Keriput Kulit Gajah

Kidnesia.com - Kalau diperhatikan, kulit gajah terlihat keriput. Kulit keriput itu terlihat pada gajah yang sudah tua maupun yang masih muda. Ternyata, kulit keriput pada gajah ini ada gunanya, lo.

Menurut Kathleen Garrigan dari African Wildlife Foundation , setiap hewan berkulit tebal akan berkulit keriput.  Lipatan pada kulit keriput menjaga agar hewan tetap sejuk walau berada di bawah teriknya matahari.

Gajah memiliki beberapa kelenjar keringat, namun tidak dapat digunakan untuk mengatur suhu tubuh mereka. Oleh karena itu, mamalia besar ini mengeluarkan panas dengan cara lain yakni melalui kulitnya yang keriput.  Di kulit gajah juga tumbuh rambut-rambut halus. Rambut-rambut halus ini juga berfungsi untuk mengurangi panas di tubuh gajah.

Semakin sering terkena terik matahari, kulit gajah akan semakin keriput. Gajah afrika yang tinggal di savana kulitnya lebih keriput dibandingkan dengan gajah asia yang tinggal di hutan berpohon lebat. Hmm... Menurutmu, apakah Bona si gajah kecil berbelalai panjang berkulit keriput? Pasti kamu sudah kenal, kan, dengan gajah ajaib ini? Itu, lo, yang ada di halaman belakang Majalah Bobo.

Teks: Sylvana. Sumber: nationalgeographic.co.id.

Author

kidnesia

Tags

Related Article