Sains Teknologi

Plankton Terlihat dari Angkasa

Plankton Terlihat dari Angkasa

Kidnesia.com -  Plankton adalah organisme sangat kecil yang tidak terlihat oleh mata. Hmmm...itu kalau 1 plankton. Kalau planktonnya banyak, akan terlihat sampai ke ruang angkasa. Wow, pasti planktonnya banyak sekali, ya...

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengeluarkan sebuah foto plankton di awal tahun 2015. Foto itu diambil dari satelit Landsat 8. Foto permukaan Bumi itu menangkap gambar di daerah Kepulauan Alaska Pribilof pada tanggal 22 September 2014. Pada foto itu terlihat kabut berwarna hijau dan biru. Kabut hijau dan biru itu adalah plankton yang jumlahnya banyaaak sekali.

Plankton menjadi makanan bagi banyak hewan laut. Hewan-hewan besar seperti paus juga memakan plankton. Kumpulan plankton yang sangat banyak mengundang hewan-hewan pemakan plankton untuk datang ke Kepulauan Alaska Pribilof.

Bapak Mike Behrenfeld, ekolog di Universitas Oregon, meneliti perkembangan plankton ini. Menurut Pak Mike, plankton yang terlihat di Alaska itu luar biasa. Perkembangan plankton sebanyak itu kemungkinan terjadi karena adanya gangguan. Plankton kemungkinan mendapatkan lebih banyak nutrisi, atau karena hewan-hewan pemakan plankton jumlahnya sudah berkurang.

Teks: Sylvana. Sumber: livescience.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article