Sains Teknologi

Seperti Apa Bakteri Terkecil di Dunia?

Seperti Apa Bakteri Terkecil di Dunia

Kidnesia.com - Bakteri ini diyakini sebagai bakteri terkecil yang ada di dunia. Seperti apa bakteri terkecil di dunia?

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum pernah melihat bakteri. Itu maklum saja, karena bakteri termasuk makhluk hidup yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Ukuran bakteri yang biasanya saja sudah sangaat kecil, tapi ternyata ada lagi temuan bakteri yang lebih kecil.

Ilmuwan dari Lawrence Berkeley National Laboratory dan University of California menamakan bakteri terkecil di dunia ini dengan sebutan ultra small bacteria. Bakteri ini terdeteksi dibanyak lingkungan, dan ada kemungkinan memiliki peran penting dalam kehidupan mikroba juga ekosistem.

bakteri terkecil di dunia

Ultra small bacteria.

Untuk penelitiannya, ilmuwan menyaring air tanah yang diambil dari Colorado, Amerika Serikat. Air tanah itu lalu disaring hingga sampai steril. Selanjutnya di teliti di Laboratorium Berkeley secara sangat hati-hati.

Penemuan bakteri terkecil di dunia ini masih diteliti lebih jauh lagi. Sampai saat ini, belum ada kesepakatan pasti kalau ultra small bacteria ini hidup bebas.

Bakteri umumnya bisa ditemukan di hampir semua tempat, yaitu di tanah, air, udara, sebagai agen parasit (patogen) di makhluk hidup lain, bahkan dalam tubuh manusia.

Sumber: Nationalgeographic.co.id, The Huffington Post, Foto: Berkeley Lab

Author

kidnesia

Tags

Related Article