Sains Teknologi

Terumbu Karang Makan Plastik

Terumbu Karang Makan Plastik

Kidnesia.com - Sampah plastik yang bertebaran di lautan dapat mengganggu makhluk-makhluk laut, seperti terumbu karang. Tetapi, ternyata, terumbu karang di laut dapat mengatasi masalah itu. Caranya, terumbu karang makan plastik!

Terumbu karang makan plastik telah diteliti para peneliti di Australia. Terumbu karangnya adalah terumbu karang dari Great Barrier Reef.

karang makan plastik

Ternyata, terumbu karang bisa makan plastik!

Sampah plastiknya berbentuk partikel-partikel plastik yang disebut microplastic. Partikel-partikel plastik ini banyak ditemukan di lautan, terutama di wilayah pantai.

Untuk mengetahui akibat partikel plastik terhadap terumbu karang, para peneliti memasukkan terumbu karang dari Great Barrier Reef ke dalam air yang berisi partikel plastik yang juga di dapat di pantai dekat Great Barrier Reef.

Setelah 2 malam berlalu, terlihat hasil percobaannya. Ternyata, terumbu karang memakan partikel-partikel plastik. Waaa... Hap, hap!


Berapa banyak partikel plastik yang dimakan terumbu karang? Terumbu karang sehari-hari makan zooplankton. Nah, ternyata, jumlah partikel plastik yang dimakan terumbu karang tidak berbeda jauh dengan jumlah zooplankton yang dimakan terumbu karang.

Selanjutnya, para peneliti akan meneliti akibat dari terumbu karang makan plastik. Apakah kesehatannya terganggu? Selain itu, para peneliti juga ingin tahu apakah ikan-ikan di terumbu karang juga makan partikel plastik dan apa akibatnya.

Sumber data : ARC Centre of Excellence for Coral Reef Studies
Foto : Mia Hoogenboom - kepala peneliti di ARC Centre of Excellence for Coral Reef Studies 

Author

kidnesia

Tags

Related Article