Ellis Island si Pulau Air Mata

Ellis Island si Pulau Air Mata

Kidnesia.com - Di Pelabuhan New York, Amerika Serikat, ada sebuah pulau kecil bernama Ellis Island (Pulau Ellis). Dulunya, pulau ini dijuluki Pulau Air Mata atau Pulau Patah Hati. Wah, memang kenapa?

Pulau Ellis, Gerbang Amerika Serikat

Cohb_001_600x400

Patung Annie Morre dan saudaranya. Annie Moore tercatat sebagai pendatang pertama ke Amerika Serikat.

Di sekitar tahun 1900-an, jutaan orang dari Inggris, Irlandia, Jerman, dan negara lainnya, datang ke Pulau Ellis. Mereka tiba di pulau ini setelah menyeberangi lautan dengan kapal uap. Di Pulau Ellis, mereka mengantre di sebuah gedung besar yang merupakan kantor imigrasi. 

Di kantor imigrasi ini, para pendatang mengurus surat izin untuk tinggal di Amerika Serikat. Mereka ingin punya kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik di sana. Bagi para pendatang, Pulau Ellis seperti pintu gerbang untuk masuk ke Amerika Serikat. 

Annie More, Pengunjung Pertama

Kalau berkunjung ke pulau Ellis, kamu akan melihat sebuah patung anak perempuan. Itu adalah patung Annie Moore, gadis yang berasal dari Irlandia. Annie Moore tercatat sebagai pendatang pertama yang masuk ke Amerika Serikat melalui Pulau Ellis. Saat itu, tanggal 1 Januari 1892. Annie Moore yang berusia 15 tahun, datang bersama dua adik lelakinya. Di hari itu, Annie mendapat hadiah selamat datang dari pemerintah Sebuah koin emas $10! Wow, itu adalah uang terbanyak yang pernah diterima Annie! 

Pulau Air Mata, Pulau Patah Hati

Sebagian besar pendatang yang tiba di Pulau Ellis, diizinkan masuk ke Amerika serikat. Namun, ada sedikit yang ditolak dan dipulangkan kembali ke negara mereka.

Wah, siapa saja, ya, yang ditolak?

Mereka yang menderita penyakit menular, gila, atau dicurigai sebagai penjahat! Mereka ini tentu saja sangat sedih. Banyak pula yang menangis. Mereka sudah berlayar jauh menyeberangi samudera dari negara asal mereka. Jerih lelah mereka menjadi sia-sia. Nah, itulah sebabnya, Pulau Ellis mendapat julukan Pulau Air Mata, atau Pulau Patah Hati. 

Menjadi Museum

telegraph co uk

Pulau Ellis dengan latar depan Patung Liberty. Sumber: telegraph.co.uk

Setelah Perang Dunia ke II, Amerika Serikat mendirikan Kedutaan Amerika di banyak negara. Siapa yang ingin datang ke Amerika Serikat, bisa mengurus izinnya di Kedutaan Amerika yang ada di negara masing-masing. Jadi, tidak perlu jauh-jauh datang ke Pulau Ellis.

Pada tahun 1954, Pulau Ellis pun ditutup. Gedung kantor imigrasi di Pulau Ellis lalu diperbaiki. Pada 10 September 1990, Pulau Ellis dibuka kembali untuk umum. Namun, kantor imigrasinya dijadikan Museum Imigrasi Pulau Ellis. 

Pulau Ellis dan Lady Liberty

Sejak tahun 1965, Pulau Ellis dijadikan bagian dari Monumen Nasional Patung Liberty. Monumen ini sering juga disebut Lady Liberty. Ia terletak di Pulau Liberty, tak jauh dari Pulau Ellis. Wisatawan yang berkunjung ke monumen ini, pasti bisa berkunjung ke Pulau Ellis juga.

Pulau Ellis dan Lady Liberty memang cocok untuk disatukan. Sebab, keduanya sama-sama seperti gerbang masuk ke Amerika Serikat. Lihatlah Lady Liberty ini! Ia tampak seperti sedang menyambut para pendatang. Ia seperti sedang berjanji, akan memberikan kehidupan yang lebih baik pada para pendatang.

Ratusan tahun lalu, petugas di gedung kantor imigrasi Pulau Ellis sangatlah sibuk. Mereka mengurusi surat izin para pendatang yang ingin masuk ke Amerika Serikat. Sekarang, petugas-petugas di gedung itu sibuk mengurusi wisatawan yang datang. Ya, sebab gedung imigrasi itu, kan, sudah menjadi Museum Imigrasi.

Teks: Aditya Purwa Putra, Sumber: Bobo  39/XXXVIII. Sumber foto: telegraph.co.uk, wikimedia.org

Author

kidnesia

Tags

Related Article