Menghindari Kejahatan

Menghindari Kejahatan

Kidnesia.com - Setiap hari kita bertemu dengan banyak orang. Selain keluarga di rumah dan teman-teman di sekolah, kita juga bertemu dengan orang-orang yang tidak kita kenal di jalan atau tempat umum lainnya. Namun, tidak semua orang yang kita temui itu berniat baik.  Ada juga, lo,  yang berniat tidak baik. Ada yang berniat mencuri barangmu atau bahkan menyakitimu. Hiiii....

Orang-orang yang berniat jahat ini  terlihat seperti orang biasa, seperti orang baik. Ssst... tahukah kamu kalau orang bisa terpancing untuk melakukan sesuatu yang tidak baik? Awalnya mereka tidak berniat berbuat jahat.

Kesempatan yang ada membuat mereka berubah.

Iri dan perasaan ingin memiliki bisa membuat mereka ingin mengambil milikmu atau menyakitimu. Duh, kamu enggak mau, kan? Lebih baik kita mencegahnya, yuk. Bagaimana caranya?

Bawa uang secukupnya. 

Bila kamu sedang bepergian, bawalah uang secukupnya saja. Tempatkan uangmu di tempat yang tersembunyi, misalnya di dompet atau kantongmu.

Tidak memamerkan barang mewah.

Memiliki gadget terbaru yang berharga mahal tentu membuatmu senang dan ingin menunjukkannya kepada orang banyak. Namun tidak semua orang bisa memiliki barang mewah seperti yang kamu miliki.

Memiliki keterampilan membela diri. 

Belajarlah keterampilan bela diri dan latihan fisik. Keterampilan ini akan sangat berguna bila kamu bertemu dengan orang yang berniat jahat.  

Berhati-hati dengan orang yang tidak dikenal. 

Kamu harus hati-hati bila ada orang tidak dikenal menyapamu. Hati-hati bukan berarti tidak ramah, lo. Dengan tetap ramah dan sopan, tolaklah orang tidak dikenal yang mengajakmu pergi.

Selain cara-cara itu, kamu juga harus bisa menjaga dirimu supaya tidak iri pada orang lain. Jangan sampai kamu yang berniat jahat pada orang lain. Kalau yang ini caranya mudah, kok, yaitu dengan bersyukur atas keadaanmu saat ini. Bisa, kan?

Teks: Sylvana. Sumber foto thumbnail: ecoronado.com.

Author

kidnesia

Tags

Related Article