Sungai Oya Bertebing Batu

Sungai Oya Bertebing Batu

Kidnesia.com - Sungai Oya (dibaca: Oyo) ini berada di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Arus air sungai ini tampak tenang, tak begitu deras.

Dulu, tak ada yang menganggap sungai ini istimewa. Namun kini, Sungai Oya ramai dikunjungi untuk body rafting atau berarung jeram. Pengunjung berasal dari luar kota, bahkan luar negeri. Sungai Oya diapit oleh tebing batuan karst atau kapur. Tebing-tebing batu itu bentuknya unik, seperti hasil pahatan saja.

Zaman Belanda dulu, sungai ini dipakai untuk jalur transportasi, lo. Sungai ini panjangnya kira-kira 1,5 km. Kedalamannya sekitar 7-10 meter. Perjalanan mengarungi sungai ini memakan waktu kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.         

rafting sungai  oya

Para pengunjung yang berarung jeram atau body rafting di sungai Oya, tidak naik perahu, lo. Namun, duduk di atas ban besar. Kegiatan mengarungi sungai seperti ini, dikenal dengan body rafting atau river tubing. Banyak yang mengatakan, pemandangan tebing batuan kapur itu di sungai Oya, seperti miniatur Grand Canyon, Amerika Serikat.

rafting sungai oya 2

Lompat byuuurr....

Tak hanya itu, di tengah-tengah sungai itu terdapat air terjun. Air terjun ini menambah uniknya pemandangan sungai Oya. Ssst, para pengunjung bisa mencoba terjun dari atas, lo! Tingginya sekitar 5 sampai 7 meter. Syuuut.... Byuuur....! Untuk yang tidak mau atau tidak berani loncat, banyak juga yang memilih diam di bawah guyuran air terjun itu.  Segaaar...! (Yanti*) Foto: Ricky Martin

Author

kidnesia

Tags

Related Article