Tips Dari Nenek

Apa Perbedaan Cerpen dan Cerbung?

Apa Perbedaan Cerpen dan Cerbung

Kidnesia.com -  Banyak temanmu mengirim cerita serial (cerita bersambung atau cerbung) di Klinik Cerita. Sayangnya, dari naskah yang dikirim, Nenek melihat kalian masih bingung dengan cerita serial atau cerita bersambung. Lantas, apa perbedaan cerpen dan cerbung itu?

Merepotkan

Yang merepotkan lagi, kalian mengirimnya tidak sekaligus, sehingga kakak redaksi  kesulitan mengeditnya. Misalnya, sekarang satu cerita episode 1, baru beberapa alinea sudah habis dan (bersambung). Beberapa hari kemudian  dikirim lagi lanjutannya episode 2, baru beberapa alinea langsung habis (bersambung). Sebulan kemudian dikirim lagi episode 3, dan seterusnya.

Sekali lagi, cara mengirim TIDAK SEKALIGUS seperti ini sangat merepotkan. Saran Nenek, untuk cerita serial, sebaiknya DIKIRIM SEAKALIGUS. Nanti kakak redaksi yang akan mengatur kapan publish-nya.

Beda Cerpen - Cerbung

Dari naskah cerita serial yang kalian kirim, Nenek melihat tampaknya kalian masih bingung dengan cerita serial atau cerita bersambung. Cerita bersambung BUKAN cerita yang dipotong-potong karena penulis tidak sempat melanjutkan ceritanya.

Cerbung  (cerita bersambung) adalah serial cerita pendek yang menceritakan satu tokoh utama dengan kisah yang berbeda, tetapi masih ada kaitannya. Artinya, kalau serial itu terdiri dari 5 episode, berarti sama dengan 5 cerpen. Setiap cerpen dalam serial harus ada tokoh utama yang sama. Tetapi plot, tema, dan setting bisa berbeda.

Kalau dalam cerpen, kisahnya hanya satu. Dalam cerbung, kisahnya bisa lebih dari satu dan ditampilan secara seri dengan tokoh yang sama.

Seperti pernah Nenek jelaskan terdahulu, membuat cerbung (cerita serial) itu lebih menantang, karena kalian harus bisa membuat pembaca penasaran dan menunggu-nunggu lanjutan ceritanya.

Untuk tips membuat cerbung, silakan baca kembali di sini.

---------------------

Artikel Lainnya

Membuat Cerita Bersambung

Ejaan dan Tanda Baca

Bikin Tokoh Cerita

Author

Sigit Wahyu

Tags

Related Article