Tips Dari Nenek

Bikin Dag... Dig... Dug... Cerita Detektif

Mau mencoba bikin cerita detektif?

Kidnesia.com - Apakah kamu suka membaca cerita detektif yang bikin dag-dig-dug? Huiii... kalau suka, sama, dong, dengan Nenek. Mau mencoba bikin cerita detektif juga?

Sst... kamu tahu, kan, detektif itu apa? Itu, lo, orang yang suka memecahkan kasus kejahatan. Serunya, sih, cerita detektif dibuat dari sudut pandang si detektif. Kita mengikuti alur pikiran dan tindakan si detektif saat ia berusaha memecahkan masalah.

Hmmm... cerita detektif bakal bikin dag-dig-dug kalau...

1. Kasusnya Bikin Penasaran

Seperti apa, sih, cerita yang bikin penasaran? Cerita yang mengandung misteri aneh-aneh. Misal, misteri petunjuk selai stroberi. Ada serangkaian pencurian di Desa Bunga. Selalu ditemukan selai stroberi di lokasi kejadian. Ada apakah dengan selai stroberi itu? Masak pencurinya mencuri sambil makan roti isi selai stroberi? Penasaran, kan?

q-12s2summerfc-7009_t607

ilustrasi: tcpalm.com

2. Ada Petunjuk, Daftar Tersangka, Motif, Alibi yang Bikin Bingung!

Saat membuat cerita detektif, tokoh detektifmu harus mencari petunjuk, membuat daftar tersangka, dan memeriksa motif dan alibi para tersangka. Ini prosesnya:

Apa saja petunjuk-petunjuknya?Dari petunjuk-petunjuknya, siapa orang-orang yang punya kesempatan melakukan kejahatan itu?Kira-kira siapa saja yang punya motif atau alasan melakukan kejahatan itu? Periksa juga alibi mereka, apa yang dilakukan orang-orang itu pada saat kejahatan itu terjadi.

Apa saja petunjuk-petunjuknya?

Dari petunjuk-petunjuknya, siapa orang-orang yang punya kesempatan melakukan kejahatan itu?

Kira-kira siapa saja yang punya motif atau alasan melakukan kejahatan itu?

Periksa juga alibi mereka, apa yang dilakukan orang-orang itu pada saat kejahatan itu terjadi.

Kita bisa membuat pembaca bingung dan semakin penasaran dengan siapa pelakunya dengan membuat kasus itu awalnya seperti tidak punya petunjuk. Atau orang-orang yang dimasukkan ke daftar tersangka ternyata sama-sama mungkin melakukan kejahatan. Atau sebaliknya, semua tersangka terpaksa dicoret karena tidak sesuai petunjuk, motif, dan alibinya.

3. Kamu Sendiri Juga Dag-Dig-Dug!

Paling seru saat membongkar suatu misteri, tokohnya mengalami kejadian yang bikin dag-dig-dug. Biasanya, sih, saat itu si tokoh sedang akan berhadapan dengan pelaku kejahatan!

Supaya adegan itu bikin pembaca dag-dig-dug, kamu ingat-ingat, dulu, apa kejadian yang pernah membuatmu dag-dig-dug. Apakah saat malam-malam mendengar suara krik... krik... krik... di luar kamar, lalu kamu pelan-pelan keluar kamar mencari asal suara dalam kegelapan? Apa saja yang berkecamuk dalam pikiranmu? Apakah krik... krik... krik... itu suara maling? hantu? monster? Ah bayang-bayang di tirai tampak menyeramkan!

Nah, coba, kamu tuliskan dengan detail kejadian yang bikin kamu dag-dig-dug. Tuliskan detail perasaan dan imajinasi kamu.

Resize of 56437790

ilustrasi: istimewa

4. Ada Kejutan di Akhir Cerita

Buat pembacamu penasaran dan beri petunjuk-petunjuk yang membuat kesan kalau pelakunya si A. Tetapi diam-diam kamu siapkan petunjuk-petunjuk yang mengacu ke si B. Kejutkan pembaca di akhir cerita dengan membongkar rahasia si B.

Misal, kembali ke misteri petunjuk selai stroberi. Seorang gadis pembantu bernama Nana suka sekali makan roti isi selai stroberi. Petunjuk, alibi, dan motif lainnya pun selalu mengacu ke Nana. Namun, selipkan juga petunjuk atau motif yang mengacu samar ke orang lain. Tokoh kamu pun sempat terkecoh. Tetapi akhirnya, dia menyadari kesalahannya dan membongkar bahwa ternyata Pak Tupong, supir-lah, pelakunya. Ia sengaja membuat petunjuk palsu agar Nana yang dituduh mencuri.

5. Temanmu Ikut Dag-Dig-Dug Membacanya

Nah, setelah ceritamu selesai. Coba minta temanmu membaca ceritamu. Apakah ia bisa menebak pelaku sebenarnya dari awal? Apakah ia ikut dag-dig-dug saat membacanya? Kamu bisa minta masukan agar ceritamu lebih bikin dag-dig-dug lagi.

Bagaimana? Siap bikin dunia dag-dig-dug? Nenek tunggu cerita-cerita dag-dig-dugmu yaaa...

O iya, di Majalah Bobo edisi 34 ada Kuis Detektif berhadiah, lo! Untuk mengikuti kuisnya, Teman-teman bisa klik bit.ly/KuisDetektifBOBO . Yuk, ikutan! Siapa tahu, kamu yang beruntung. Jangan sampai ketinggalan, yaaa.

Author

kidnesia

Tags

Related Article