Tips Dari Nenek

Lomba Menulis

Ikut lomba menulis cerita yuk.

Kidnesia.com - Beberapa waktu yang lalu, Nenek sempat membaca karya teman-teman yang mengikuti seleksi delegasi Konferensi Anak Indonesia. Mereka membuat karya tulis dengan tema-tema pilihan yang sudah ditentukan.

Saat ini banyak sekali diadakan lomba menulis buat anak-anak. Apakah kamu juga pernah mengikuti lomba mengarang atau membuat karya tulis? Bagaimana hasilnya, menang atau kalah? Untuk yang menang, Nenek ucapkan selamat, ya! Kalau kamu kalah, jangan menyerah.

Coba kamu lihat lagi tulisan-tulisanmu, apakah sudah layak untuk menjadi pemenang? Tips dari Nenek, coba lihat kembali karyamu, lalu jawab pertanyaan ini.

1.   Sudahkah sesuai aturan?

 

dreamstime2
 

Setiap lomba ada aturannya, misalnya, karya harus disertai dengan surat keterangan dari kepala sekolah. Coba baca kembali aturan lomba yang kamu ikuti. Apakah semuanya sudah kamu penuhi?

 
2.   Apakah karyamu asli?

Karya asli adalah karyamu sendiri, bukan karya orang lain yang kamu tulis kembali. Juga, bukan karya yang dibantu dan dibuatkan oleh Mama. Ini penting karena ada nilai kejujuran di dalamnya. Dan, kalau membuat sendiri, tentu kamu tidak akan kesulitan jika disuruh menjelaskan isi tulisanmu.

3.   Sudahkah sesuai tema?

Temanya "pengalaman tentang jajanan di kantin sekolahku". Tetapi, kamu malah membuat karangan tentang macam-macam makanan sehat. Menurutmu, apakah itu sudah sesuai dengan tema yang diminta? Tentu belum. Makanya, karyamu tersingkir.

4.   Tulisanmu terlalu panjang?

Kalau tulisan yang diminta hanya 1 halaman, tetapi kamu mengirimkan 3 halaman, bukannya mendapat nilai tambahan, bisa-bisa malah karyamu malah langsung digugurkan oleh dewan juri.

 

wordpress
 

5.   Fakta atau Fiksi?

Kalau kamu diminta membuat karya tulis, artinya kamu tidak boleh membuat cerpen atau dongeng. Begitu juga sebaliknya. Coba perhatikan bentuk karya yang diminta, ya!

6.   Tulisanmu mudah dibaca?

Kalau tidak ada aturan bahwa karyamu harus diketik, kamu boleh kok, mengirim dengan tulisan tangan. Tetapi, pastikan para juri bisa membaca tulisanmu. Kalau memang tulisanmu sulit terbaca, kamu boleh meminta tolong orang lain untuk mengetikkan karyamu. Ingat, ya, hanya mengetikkan, tanpa merubah sedikit pun.

Selamat mengikuti lomba, ya. Kalau menang, jangan cepat puas. Kamu tetap masih harus banyak belajar supaya tulisanmu lebih kaya.

Kalau kalah pun, jangan berkecil hati. Artinya, kamu juga masih perlu belajar dan mencoba untuk menulis dengan lebih baik. Semangat!

Author

kidnesia

Tags

Related Article