Klinik Om Jepret

Belajar Efek 'Blur' dalam Fotografi

Belajar Efek Blur Dalam Fotografi

 

Belajar-Efek-Blur-Dalam-Fotografi_medium

Kidnesia.com - Kata "blur" diambil dari bahasa Inggris yang artinya tidak jelas. Dalam dunia fotografi, efek blur terjadi karena goyang ketika memotret dengan kecepatan rendah dan memotret dengan diagfragma yang memakai angka kecil.

 

Apakah efek blur ini jelek? Kadang, efek ini justru diperlukan untuk menunjukkan efek dinamis, seperti foto di tangga berjalan pada artikel Mengenal Efek Shutter Speed Kamera. Nah, efek tersbut diperoleh karena menggunakan kecepatan shutter yang rendah. Selain itu, efek blur juga bisa membuat subjek yang kita foto atau point of interest foto menjadi lebih jelas.

Dengan menggunakan angka diagfragma kecil, maka apabila ada benda lain di sekitar subjek foto akan menjadi blur. Ini terjadi karena lensa memiliki radius yang sempit untuk bisa menampilkan gambar dengan jelas. Sedangkan, jika menggunakan angka diagfragma yang besar, maka radius untuk menampilkan gambar dengan jelas akan semakin besar juga. Teknik ini dalam fotografi disebut Depth of Field.

Oleh sebab itu, teknik Depth of Field sering dipakai ketika memotret model, agar bisa menampilkan sisi paling baik dari sang model dan model akan nampak lebih menonjol dari lingkungan di sekitarnya.

Author

kidnesia

Tags

Related Article