Klinik Om Jepret

Memahami Fungsi White Balance

Memahami Fungsi White Balance

Kidnesia.com - "Wah fotoku kok warnanya aneh ya? Tidak sesuai dengan aslinya." Barangkali percakapan tersebut pernah teman-teman alami. Ketika memotret sebuah lokasi, benda mengalami kejadian serupa, yakni warna benda atau sebuah lokasi pemandangan tidak sesuai dengan apa yang kita lihat.

Kejadian seperti ini disebut sebagai kesalahan dalam menggunakan white balance (keseimbangan putih). Dalam fitur kamera digital terdapat fasilitas pengaturan white balance. Fungsi white balance adalah untuk mendapatkan titik suhu warna yang tepat. Titik penyeimbang suhu warna ini adalah warna putih yang terdapat dalam lokasi pemotretan dan sangat bergantung pada kondisi pencahayaan. White balance pun memegang kunci keberhasilan hasil akhir pemotretan.

Kamera digital juga dapat menentukan sendiri secara otomatis kondisi suhu warna yang disebut dengan automatic white balance. Namun, fitur otomatis ini memiliki kendala, yakni keseimbangan suhu warnanya terkadang tidak begitu tepat. Untuk menyiasati kendala itu, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

Pre set White Balance
Setting Pre-Set Manual White Balance
1.  Pindahkan modus auto white balance ke modus yang sesuai dengan kondisi pencahayaan (jika cahaya utama adalah matahari maka di'set ke tanda matahari ).

2.  Melakukan pemotretan bidang putih pada kondisi pencahayaan tertentu. Kemudian hasil foto tadi di'set sebagai pre set white balance.

3.  Pahamilah karakter suhu warna dalam pre-set white balance pada fitur kamera.

White Balance kamera digital juga memiliki fitur pre-set (setelan manual) sesuai dengan kondisi pencahayaan utama. Pre-set ini terdiri dari cahaya utama matahari, lampu pijar, lampu neon, mendung, bayangan, underwater, lampu kilat, dan derajat Kelvin.

Nah kalau sudah memahami fungsi white balance, yuk persiapkan kameramu dan segeralah memotret! Salam Jpret!

Teks/Foto: Ricky

Author

Ricky Martin

Tags

Related Article