Klinik Om Jepret

Mengenal Efek Shutter Speed Kamera

Mengenal Efek Shutter Speed Kamera

Bobo Online - Shutter speed (pengatur kecepatan buka/tutup rana kamera) memiliki efek-efek yang berbeda pada setiap tingkatannya. Angka yang terdapat pada shutter speed bervariasi mulai dari :

Shutter speed
Angka Shutter Speed
-  B: singkatan dari bulb, artinya proses membuka/menutup rana dikendalikan sepenuhnya oleh pemotret.

-  30 - 1 detik

-  ½ - 1/8000 detik: proses membuka/menutup rana kurang dari 1 detik

Membekukan Gerak Objek

Loksado
Angka Shuuter speed mampu membekukan gerak obyek
Bila angka shutter speed semakin tinggi (1/125 - 1/8000 detik) maka kita bisa membekukan gerak (freeze) sebuah objek seperti laju mobil, motor, olahraga, serangga, deru ombak lautan, bahkan proses tembakan peluru. Teknik membekukan gerak ini umumnya digunakan oleh banyak fotografer profesional. Selain itu, dengan shutter speed yang tinggi juga berfungsi menghindari goncangan kamera yang mengakibatkan gambar menjadi buram.

Karang Bolong Anyer
Shuuter Speed rendah untuk menangkap gerak ombak
Menangkap Gerakan Obyek

Penggunaan shutter speed dengan kecepatan rendah/slow speed ( 1/25 - 30 detik) pada kamera mampu menangkap efek gerakan sebuah objek foto. Misalnya, gerakan laju air terjun yang menjadi lembut seperti kapas, ombak, gerakan manusia, kendaraan, dan lain sebagainya. Diperlukan kestabilan kamera bila menggunakan teknik ini agar foto tetap fokus dan tajam. Untuk mengurangi kemungkinan goncangan diperlukan penyangga kamera yakni tripod (kaki tiga) atau materi lainnya yang kokoh.

Yuk, mulai belajar memotret sekarang! Lalu ikutikontes fotografi IPC 2015 di sini

(Teks/ Foto : Ricky Martin | Instagram : @Sarrymartin | Facebook : Ricky Martin | Twitter : @ricky99099 )

Author

Ricky Martin

Tags

Related Article