Klinik Om Jepret

Mengenal Jenis-jenis Kartu Memori pada Kamera

Mengenal Jenis jenis Kartu Memori pada Kamera

Bobo Online - Kartu memori (memory card) sudah pasti diperlukan ketika kita menggunakan perangkat kamera digital. Saat ini, setiap kamera memiliki ruang khusus memory card tak terkecuali kamera video pun sekarang dilengkapi dengan ruang khusus (slot) memory card.

Fungsi memory card ini digunakan untuk menyimpan data elektronik yang dihasilkan oleh perangkat kamera digital. Tanpa adanya memory card, maka kita tidak bisa mendapatkan data yang terekam oleh kamera digital.

Memory card sendiri terdiri dari beberapa jenis. Beberapa jenis yang sering digunakan adalah: CompactFlash I & II, Secure Digital card (SDCard), microSD card, Memory Stick, dan beberapa yang lainnya. Untuk itu, perhatikan secara detil buku petunjuk kamera digital terkait memori apakah yang sesuai atau direkomendasikan oleh pabrikan.

Dewasa ini kapasitas memory card memiiliki  perkembangan yang pesat. Daya tampungnya pun semakin besar yakni 8 GB, 16 GB, dan 32 GB. Dengan besarnya daya tampung, maka kita bisa lebih banyak menghasilkan foto-foto indah dengan kualitas tinggi.

Semakin besar daya tampung memory card, maka diikuti pula oleh daya kecepatan yang tinggi ketika menerima data dari kamera digital. Adapun kecepatan menulis (write) dan membaca data (read) saat ini terdapat beberapa kelas, di antaranya :

Slot Memory Card Kamera DSLR
Slot Memory Card Kamera DSLR
Standarisasi kecepatan terhadap class:  Class 2, kecepatan tulis minimal 2MB/sec Class 4, kecepatan tulis minimal 4MB/sec Class 6, kecepatan tulis minimal 6MB/sec Class 10, kecepatan tulis minimal 10MB/sec

Beberapa perusahaan penyedia memory card justru semakin memanjakan penikmat fotografi dengan berlomba-lomba menyediakan kemampuan yang lebih cepat, misalnya Class 10 dgn kecepatan 30MB/sec, bahkan ada yang lebih dari 90MB/sec untuk Class 10-nya. Hal itu membuat kita tidak akan melewatkan momen penting ketika memotret karena kemampuan memory card menerima data dari kamera sangat cepat.

Agar bisa memotret dengan leluasa, pilihlah memory card yang direkomendasikan oleh fotografer profesional atau rekomendasi pabrik kamera yang ada pada buku petunjuk penggunaan kamera. Selamat memotret di akhir pekan ya! 

Yuk, mulai belajar memotret sekarang! Lalu ikutikontes fotografi IPC 2015di sini.

(Teks/Foto: Ricky Martin)

Author

Ricky Martin

Tags

Related Article