Klinik Om Jepret

Mengenal Lensa Fix dan Lensa Zoom

Mengenal Lensa Fix dan Lensa Zoom

Canon_85mm_comparison_(front)
Kidnesia.com - Dalam fotografi, dikenal dua jenis lensa, yaitu lensa fix dan lensa zoom. Nah, lensa fix adalah lensa yang ukuran jaraknya tetap, misalnya 50mm, 85mm, 100mm, dan 135mm. Lensa ini dikenal sebagai lensa utama karena kemampuannya menghasilkan foto yang bagus.

Lalu, lensa zoom adalah lensa yang mempunyai jarak fokal yang bisa berubah-ubah, misalnya 16-35mm, 24-70mm, dan 70-200mm, bahkan ada lensa zoom berukuran 18-200mm. Semakin tinggi jarak fokal/angka pada lensa, maka kita bisa memotret subjek dengan jarak yang jauh. Kelebihan lensa ini adalah bisa memotret subjek yang letaknya jauh ataupun dekat hanya dengan memutar zoom di lensa tanpa kita perlu mundur atau mendekat ke arah subjek foto.

Jika kita memakai lensa fix untuk memotret, maka kita harus mundur dan mendekat ke subjek untuk dapat memotret sesuai dengan keinginan kita. Tetapi lensa ini memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kemampuannya menghasilkan foto yang bagus. Selain itu, lensa fix memiliki bukaan diagfragma dengan angka yang kecil, seperti f/1.8, f/1.4, dan f1.2. Sedangkan, angka terkecil diagfragma pada lensa zoom adalah f/2.8 sehingga untuk menghasilkan foto dengan latar belakang kabur menjadi terbatas.

Untuk kalian yang baru belajar memotret dengan kamera DSLR, Nesi sarankan untuk menggunakan lensa fix. Hal ini karena selain bisa menghasilkan yang bagus, kalian juga akan belajar untuk mendapatkan hal yang terbaik dari sebuah subjek atau disebut sebagai Point of Interest. Selamat mencoba!

Author

Nendra GIRLS

Tags

Related Article