Potret Negeriku

Pulau Lengkuas, Miniatur Surga di Belitung

Pulau Lengkuas Miniatur Surga di Belitung

Kidnesia.com Pulau Lengkuas memiliki pesona luar biasa, bak miniatur surga di Belitung. Pasirnya yang lembut berwarna putih keemasan bila mendapatkan sinar matahari. Pantainya tenang,berwarna biru kehijauan membuat ikan-ikan kecil berenang leluasa di sekitar bibir pantai landai ini.

Pulau Lengkuas adalah kebanggaan masyarakat Belitung dan menjadi simbol Belitung secara keseluruhan. Tepat di tengah-tengah Pulau Lengkuas berdiri kokoh mercusuar tua peninggalan penjajahan kolonial Belanda. Bangunan ini didirikan pada tahun 1882. Hingga saat ini mercusuar itu masih berfungsi sebagai pemandu kapal yang masuk dan keluar melalui laut Tanjung Binga dan sekitarnya.

Tiket masuk untuk memasuki mercusuar pun terbilang sangat terjangkau, hanya Rp5000 per orang. Sebelum masuk ruangan, pengunjung di minta agar merendam kakinya di sebuah ember agar pasir dan sisa air laut yangmenempel di kaki tidak mengotori ruangan. Dari atas menara setinggi 70 meter inilah ( 18 lantai ) pengunjung bisa melepaskan pandangan mata menikmati keindahan bahari Belitung. Luar biasa, seolah miniatur surga di Belitung.

Selain bisa menikmati panorama pantai, di sana kita bisa juga bermainpasir yang lembut dan snorkeling menikmati ekosistem laut tak jauh dari bibir pantai. Nah, kapan lagi kalau tidak sekarang menginjakkan kaki di negeri Laskar Pelangi. ( Teks/Foto : Ricky Martin )

Author

Ricky Martin