Istana Merdeka dan Istana Negara

Istana Merdeka dan Negara

Kidnesia.com - Kalau kamu pernah ke Jakarta atau tinggal di Jakarta, pasti kamu tahu dan pernah melewati kompleks istana ini. Tapi apakah kamu tahu ada dua istana dalam satu kompleks ini? Yuk simak infornya di bawah!

Kompleks Kenegaraan

Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta luasnya 6,8 ha dan terdiri dari dua bangunan utama. Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) dan terletak di Jl. Medan Merdeka Utara. Sementara, Istana Negara menghadap ke Sungai Ciliwing, yaitu di Jl. Veteran.

Lokasi kompleks kenegaraan terletak di Jl. Merdeka Utara. Dalam kompleks kepresidenan ini terdapat pula bangunan-bangunan lain. Selain Istana Merdeka dan Istana Negara ada pula Kantor Presiden, Wisma Negara, Masjid Baiturrahim, dan Museum Istana Kepresidenan.

Fungsi Istana Kenegaraan

Istana Kepresidenan Jakarta fungsinya lebih difokuskan kepada kegiatan resmi kepresidenan. Selain sebagai kantor Presiden Republik Indonesia, juga sebagai pusat kegiatan pemerintahan dan tempat penyelenggaraan acara-acara yang bersifat kenegaraan. Contoh acara kenegaraan adalah pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pelantikan perwira muda TNI, dan penerimaan tamu-tamu negara.

Setiap tanggal 17 Agustus, apa yang kalian tonton di televisi? Pasti acara Detik-Detik Proklamasi. Nah, acara itu disiarkan langsung dari Istana Kepresidenan. Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang pertama kali diadakan pada 17 Agustus 1950 di Istana Merdeka.

 

istana negara 1
Tampak depan Istana Negara.
Foto: istananegara-indonesia.blogpsot.com
 

Sejarah Singkat Istana Merdeka

Istana Merdeka dibangun pada tahun 1879. Dahulu Istana Merdeka didirikan oleh orang-orang Belanda dan diberi nama Istana Gambir. Perubahan nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka terjadi setelah Indonesia menerima pengakuan kedaulatannya. Istana ini banyak mencatat peristiwa penting dan bersejarah.

Beberapa di antaranya adalah:

1. Jenderal de Kock menguraikan rencananya untuk menindas pemberontakan Pangeran Diponegoro dan merumuskan strateginya dalam menghadapi Tuanku Imam Bonjol kepada Gubernur Jenderal Baron van der Capellen.

2. Tempat Gubernur Jenderal Johannes van de Bosch mengumumkan penetapan sistem tanam paksa (cultuurstelsel).
 
3. Pada tanggal 25 Maret 1947, di gedung ini terjadi penandatanganan naskah Persetujuan Linggarjati. Pihak Indonesia diwakili oleh Sultan Sjahrir dan pihak Belanda oleh Dr. Van Mook.

4. Pada tanggal 27 Desember 1949, di Istana Merdeka terjadi peristiwa tentang pengakuan atas kedaulatan Republik Indonesia Serikat oleh Kerajaan Belanda. Serangkaian upacara resmi dilaksanakan dalam waktu yang sama, baik di Belanda (Amsterdam pukul 10.00 waktu setempat) maupun di Indonesia (Jakarta dan Yogyakarta pukul 16.00 waktu WIB).

 

istana merdeka
Teras Istana Merdeka: tempat para tamu negara foto bersama
 

Istana Rakyat

Istana Merdeka menjadi Istana Rakyat sejak diluncurkannya Program Wisata Istana Merdeka. Program ini memberikan masyarakat kesempatan untuk melihat-lihat seperti apa Istana kepresidenan yang sering kita lihat hanya dari layar televisi. Namanya saja Istana Rakyat,  maka dalam tur keliling istana kita tidak dipungut biaya.

Jika tertarik mengikuti Wisata Istana, kamu harus mengajak orangtua atau guru dari sekolahmu untuk menjadi pendamping. Pendamping kita perlu membawa kartu tanda pengenal yang masih berlaku. Nanti sesampainya di istana, kita akan diberikan "kartu pengunjung" yang harus dikenakan selama tur berlangsung.

Wisata Istana hanya bisa dilakukan hari Sabtu - Minggu mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00 dengan pakaian sopan. Kita dilarang memakai kaos dan sendal jepit jika ingin Wisata Istana. Jadi siapkan baju rapih ya. Anggap saja kita salah satu tamu negara, kan gak seru kalau tamu negara pakai kaos dan sendal jepit hehehe. Kalau semua sudah siap, tinggal mendaftar Wisata Istana Merdeka di pelataran parkir Sekretariat Negara.

Teks: Indira

Author

kidnesia

Tags

Related Article