Desa Takpala dari Alor

Desa Takpala dari Alor

Kidnesia.com - Dua puluh satu anak tangga harus dilalui untuk mengunjungi Desa Takpala. "Kango!" teriak warga Takpala untuk mengucapkan selamat datang. Lalu, Tari lego-lego pun akan disuguhkan untuk menyambut kedatangan tamu.

warga takpala
Warga Takpala

Rumah Ilalang

Desa Takpala adalah sebuah kampung tradisional di Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Takpala berarti gunung sumber kekuatan dan pemersatu.

Di Takpala masih terdapat beberapa rumah adat berbentuk limas yang beratap ilalang. Namanya lopo. Ada lopo kolwat yang terbuka untuk umum, artinya siapa pun boleh masuk. Sedangkan lopo kanuruat dianggap sakral, hanya boleh dimasuki orang-orang tertentu. Di dalamnya terdapat barang-barang peninggalan leluhur, seperti busur, panah, tombak, dan parang.

 

rumah lopo Takpala
Lopo yang berbentuk limas.
 

Selain lopo, ada rumah adat yang disebut fala foka. Rumah adat ini bertingkat 4 yang dihuni 13 kepala keluarga. Lantai 1 digunakan untuk menerima tamu. Lantai 2 untuk tidur dan masak. Lantai 3 digunakan untuk menyimpan bahan pangan. Sedangkan lantai 4 untuk menyimpan barang-barang adat. 

BOBO
BOBO

Teks: Vero

Sumber foto: Indonesia Travel dan Detik Travel

Author

Sigit Wahyu

Tags

Related Article